Pelaku Tindak Pidana Korupsi Alkes Di RSUD Pirngadi Menyerahkan Diri

Surel Cetak PDF
https://img.okezone.com/content/2016/07/01/337/1430876/kpk-telusuri-dolar-santoso-di-pn-jakpus-PZXCJmrkhO.jpg

Satu dari dua terpidana kasus korupsi alat kesehatan (Alkes) di RSUD dr Pirngadi, Medan, Sumatera Utara, menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan. Terpidana Tuful Zuhri Siregar--Ketua Panitia Pengadaan Barang--itu langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan.

"Setelah mangkir dari panggilan, akhirnya terpidana Tuful Zuhri menyerahkan diri. Kita sudah koordinasi dengan pihak RSUD dr Pirngadi mengenai hal itu. Terpidana langsung dibawa JPU ke Rutan Tanjung Gusta Medan untuk menjalani hukumannya selama satu tahun dua bulan penjara," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Medan Harris, Selasa kemarin

Sementara terpidana lain Kamsir Aritonang, selaku Subkontraktor dari PT Graha Agung, masih melenggang bebas. Harris mendesak Kamsir Aritonang menyerahkan diri sehingga petugas tidak perlu menjemput paksa.

"Satu terpidana lagi kami upayakan segera mungkin dieksekusi. Kami harap besok yang bersangkutan beritikad baik mau menyerahkan diri untuk menjalani masa hukumannya yang juga 1 tahun 2 bulan penjara," kata dia.

Kasus ini menyeret tiga pelaku yakni Kamsir Aritonang, Tuful Zuhri Siregar, dan Arpen Nawawi selaku rekanan dari PT Indo Farma Global Medica. Arpen telah lebih dulu dieksekusi oleh JPU, pada Selasa 24 Mei 2016.

Ketiga terpidana terbukti korupsi dana pengadaan alat kesehatan dan KB tahun 2012 di RSUD dr Pirngadi, Medan, sebesar Rp1,2 miliar. Dana itu bersumber dari Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI tahun anggaran 2012 senilai Rp2,5 miliar.

Ketiganya harus menjalani hukuman di Lapas Tanjung Gusta Medan selama satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 2 bulan kurungan. Hal itu berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Medan. Mereka tidak dikenakan Uang Pengganti (UP) karena sudah membayar uang kerugian negara.

You are here: Info Berita Pelaku Tindak Pidana Korupsi Alkes Di RSUD Pirngadi Menyerahkan Diri